KOTA ONDE-ONDE


SENI TARI OLAH BARONG

Seni tari barong berasal  jawa tengah . tetapi menyebar hingga ke seluruh  kawasan pulau jawa . Seni Barongan merupakan salah satu kesenian rakyat yang amat populer dikalangan masyarakat Kendal, terutama masyarakat pedesaan.kesenian barongan adalah suatu pelengkapan yang dibuat menyerupai Singo Barong atau Singa besar sebagai penguasa hutan angker dan sangat buas.
Adapun tokoh Singobarong dalam cerita barongan disebut juga GEMBONG AMIJOYO yang berarti harimau besar yang berkuasa.


WISATA BUDHA TIDUR

Hasil gambar untuk budha tidur

Patung Buddha merupakan asimilasi budaya Helenisme dari Bangsa Yunani. Pada awalnya, di ajaran agama Buddha tidak ada maksud untuk mendirikan patung. Namun setelah Bangsa Yunani masuk ke India dengan budaya Helenisme. Patung Buddha Tidur dibangun di dalam kompleks Maha Vihara Mojopahit. Di Indonesia, patung Buddha Tidur hanya terdapat di Mojokerto dan Bogor. Menurut para pengamat, patung buddha tidur di Mojokerto merupakan patung terbesar di Indonesia. Patung ini juga menempati urutan ketiga setelah patung sejenis yang berada di Thailand dan Myanmar.


 MAKANAN KHAS 

 Hasil gambar untuk sejarah onde onde mojokerto
 


 Dalam sejarahnya onde-onde berasal dari negri Tirai Bambu dan pertama kali dibuat di masa Dinasti Zhou (1045-256 SM). Tepatnya pada zaman Dinasti Tang, kue ini jadi kue resmi daerah Chang an (sekarang disebut daerah Xian). Di daerah Chang an, kue onde-ondedikenal dengan nama ludeui.Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau.


KEUNIKAN 

Hasil gambar untuk troloyo majapahit 

 makam diyakini sebagai pusara Syekh Jumadil Qubro. Ulama Samarkand, Uzbekistan, yang diyakini sebagai keturunan ke-10 dari al-Husain, cucu Nabi Muhammad SAW. Di Troloyo ada beberapa kompleks makam. Namun yang banyak dikunjungi peziarah adalah makam utama. Kumpulan makam yang berada di sebuah bangunan yang menyerupai pendopo yang ditopang dengan beberapa pilar besar.Salah satunya diyakini sebagai pusara Syekh Jumadil Qubro. Ulama Samarkand, Uzbekistan, yang diyakini sebagai keturunan ke-10 dari al-Husain, cucu Nabi Muhammad SAW. Namun, selain di Troloyo, makam yang diyakini menjadi pusara Syekh Jumadil Qubro juga berada di Semarang, Yogyakarta, dan Makassar.

Komentar

Postingan Populer